Senin, 29 Maret 2010

MENGENAL PELUANG

Perbedaan antara orang sukses dengan yang tidak seringkali hanya terletak pada kemampuan orang tersebut dalam mengenali peluang. Kita semua diajarkan untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada. Tetapi, bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang jika mengenalinya saja tidak mampu?

Banyak orang menganggap peluang seperti mukjizat. Seakan-akan mereka harus mendapatkan “pencerahan” dulu, baru bisa melihat peluang. Padahal, peluang itu adalah hal yang biasa. Tetapi, jika dimanfaatkan peluang bisa menjadi luar biasa. Lagi pula, kesuksesan itu jauh lebih sering tercipta karena seseorang mampu melihat dan memanfatkan banyak peluang kecil, bukan menunggu peluang.

Langkah selanjutnya untuk dapat mengenali peluang adl mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bagaimana caranya? Percayalah bahwa langkah ini adalah yang tersulit. Dalam tahap ini, Anda harus mempersiapkan diri dengan mencari informasi dan pengetahuan sebanyak mungkin. Saya menganjurkan 4 cara yang konservatif namun tingkat keberhasilanya cukup tinggi (90%) antara lain:

Membaca belasan buku dalam sebulan, membaca Koran setiap hari, browsing ke situs-situs berita sekitar satu jam sehari, dan lain-lain. Memenuhi kepala Anda dengan informasi dan pengetahuan sebanyak mungkin. Jadi, peluang bisa dikenali karena Anda sudah mempunyai bekal informasi dan pengetahuan yang cukup sebelumnya.

Selain mencari informasi dan pengetahuan sebanyak mungkin, kita juga harus mencari tahu tentang hal-hal yang sudah berubah, di situlah lahir peluang!

Di balik setiap masalah tersimpan suatu peluang. Setidaknya dengan memecahkan masalah, Anda bisa menjadi lebih baik dan lebih berpengalaman (sekali lagi tidak perduli itu masalah Anda sendiri/ masalah orang lain).

Belajarlah dari orang lain. Ambillah sebanyak mungkin inspirasi dari orang lain. Cari tahu bagaimana orang lain memanfaatkan peluang-peluan disekeliling meraka. Di balik kesuksesan setiap orang pasti ada cerita panjang tentang kerja keras, nasib baik, keberuntungan dan lain-lain. Satu hal yang pasti, orang tersebut sudah dalam keadaan yang siap sewaktu peluang lewat di depan mereka.

Jangan mempunyai anggapan/ prasangka bahwa Anda tidak berhak untuk mendapatkan suatu peluang. Sesungguhnya, setiap peluang itu berlaku dan diberikan untuk semua orang di dunia. Hanya saja, tergantung dari orang itu siap atau tidak dan mau mengambilnya atau tidak. “Sukses dating bagi mereka yang siap.”

1 komentar: